Gelapkah Di Laut Yang Dalam?

Di dalam air laut yang berlumpur di dekat pantai, sinar matahari menghilang pada kedalaman 100 meter di bawah permukaan. Akan tetapi, di laut di daerah tropis, sinar matahari bisa mencapai kedalaman 600 meter.

Di dekat permukaan ada banyak sinar untuk proses fotosintesis sehingga banyak tumbuhan kecil (pitoplankton) mengapung di sini, membentuk awal rantai makanan. Tidak ada tumbuhan yang hidup pada suhu dingin dan gelap di bawah air.




- Di laut, berbeda makhluk berbeda pula tempat tinggalnya, dari ubur-ubur di dekat permukaan sampai belut dan ikan pancing yang hidup di laut dalam. Di dekat permukaan pitoplankton adalah awal dari rantai makanan.

Hanya beberapa binatang yang hidup di tempat itu yang menggantungkan makanannya dari atas. Berbeda kedalaman, berbeda pula keadaan samudra.

Ada beberapa zona kehidupan, hampir sama seperti daerah dengan ketinggian berbeda di gunung.

Fakta-fakta

Lubang Dalam
Gunung Everest dapat ditenggelamkan di parit laut terdalam dan air di atasnya masih setinggi 2.000 meter.

Kedalaman Samudra
Rata-rata kedalaman laut adalah 3.800 meter, tetapi beberapa parit samudra kedalamannya lebi dari 11.000 meter.

Air Di Dunia
Laut menutup hampir 71 persen permukaan bumi.

Air Gelap
Di kedalaman 100 meter, sinar mataharinya hanya 1 persen yang sampai di permukaan, tetapi sinar merah hanya mampu menembus sampai 30 meter.

Sekian postingan kali ini tentang gelapkah di laut yang dalam. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

0 Response to "Gelapkah Di Laut Yang Dalam?"

Post a Comment