Bagaimana Cara Kerja Klasifikasi?

Postingan kali ini akan membahas tentang cara kerja klasifikasi hewan dan tumbuhan.

Untuk menemukan sebuah buku di perpustakaan, semua buku yang subjeknya sama dikumpulkan dalam satu rak dan semua buku yang pengarangnya sama juga dikumpulkan pada satu rak.

Cara yang sama juga dilakukan pada klasifikasi tumbuhan dan binatang. Divisi terbesar dalam dunia binatang adalah binatang bertulang belakang (vertebrata) dan yang tidak bertulang belakang (invertebrata). Di antara vertebrata, binatang yang berbulu, digolongkan sebagai burung, binatang yang berambut sebagai mamalia.
 

Mamalia yang mempunyai ciri sama disatukan dalam kelompok yang lebih kecil, misalnya mamalia terbang masuk dalam golongan kelelawar dan disebut chiroptera dan binatang pemburu masuk kelompok karnivora.

Kelompok ini masih dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil yang terdiri atas banyak spesies, seperti anjing dan kucing masuk kelompok karnivora. Pengelompokan ini selain untuk memudahkan kita, juga bisa mengungkap keterikatan binatang-binatang dengan kelompok lain karena berasal dari satu nenek moyang.

- Manusia tergolong kelompok primata yang sejenis dengan mamalia. Golongan primata tertinggi dimasukkan dalam kelompok yang lebih besar dan disebut vertebrata.

- Primata adalah mamalia yang hidup di antara pohon-pohon, dengan cengkeraman tangan dan kuku sebagai ganti cakar. Giginya menunjukkan bahwa mereka makan berbagai jenis makanan.

Demikian postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

0 Response to "Bagaimana Cara Kerja Klasifikasi?"

Post a Comment