Suhu (Komponen Abiotik)

Makhluk hidup umumnya dapat bertahan hidup hanya pada kisaran suhu 0'C-40'C. Hewan berdarah panas ada yang mampu hidup pada suhu di bawah titik beku. Suhu rendah tidak mematikan sebagian makhluk hidup, namun menyebabkan makhluk hidup tersebut seolah terhenti kehidupannya. Makhluk hidup ini disebut mengalami hibernasi. Reptilia dan beberapa hewan amfibi di negara subtropik mengalami hibernasi ("tidur, istirahat") pada musim dingin. Jika suhu meningkat, makhluk hidup ini bangun dari istirahatnya yang panjang, kemudian beraktivitas kembali.

Indonesia, yang terletak di daerah khatulistiwa, memiliki suhu yang sangat hangat sepanjang tahun, rata-rata 27'C. Suhu ini sangat ideal bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Oleh karena itu, Indonesia memilik keanekaragaman biota yang tinggi dibandingkan dengan daerah beriklim sedang.

-Langkanya air dan tingginya suhu mengakibatkan padang pasir langka kehidupan. Berat total hewan dan tumbuhan hanya 1/40 daerah savana dan 1/100 dari hutan hujan tropik pada luas areal yang sama.

0 Response to "Suhu (Komponen Abiotik)"

Post a Comment