Perilaku Tercela Dalam Islam

Hasud merupakan sifat tercela yaitu sifat dengki yang mengharapkan agar nikmat orang lain lenyap atau terhapus.

Orang yang memiliki sifat dengki akan mempunyai penyakit jiwa yang pengaruhnya dapat menghancurkan diri sendiri karena dia telah menyibukkan hatinya sendiri, melelahkan pikiran dan syaraf, hidup gelisah dan gundah, dan dunia akan terasa gelap dan sempit.

Seseorang dikatakan ria apabila ibadah atau amal salehnya tidak dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah, tetapi karena ingin mendapat pujian dan sanjungan orang lain.

Keburukan dari sifat ria, antara lain sebgai berikut.

1. Ibadah yang dilakukan bukan karena Allah, tetapi karena ria sehingga tidak bernilai ibadah dan tidak mendapatkan pahala.
2. Sikap ria tidak akan mendatangkan ketenangan, namun akan mendatangkan kekecewaan.
3. Sifat ria dapat melemahkan kemauan dan pikiran.
4. Sifat ria dapat melemahkan iman. Berdasarkan hadis Rasulullah, sifat ria dipandang sebagai syirik kecil.

Zalim adalah melampaui batas pada saat kita melakukan perbuatan terhadap makhluk Allah lainnya, khususnya terhadap sesama manusia. Kezaliman dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.

1. Zalim terhadap Allah SWT.
2. Zalim terhadap diri sendiri.
3. Zalim terhadap sesama makhluk Allah.

Untuk mencegah sifat-sifat tercela seperti hasud, ria, dan aniaya, hendaknya kita memahami bahwa Allah mengharamkan manusia untuk saling berselisih, dengki, saling membenci, bermusuhan, dan mengadakan perusakan terhadap sesama manusia dan alam lingkungan hidup di sekitarnya. Perselisihan, kedengkian, kebencian, permusuhan, dan perusakan adalah sifat iblis yang dimurkai Allah SWT.

0 Response to "Perilaku Tercela Dalam Islam"

Post a Comment