Iman Kepada Malaikat Allah

Beriman kepada malaikat adalah salah satu dari pokok-pokok kepercayaan dalam Islam. Rukun iman yang kedua ini harus diimani dan wajib hukunya bagu umat Islam. Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang berfungsi dan bertugas sebagai perantara. Dengan kehendak Allah malaikat-malaikat tersebut menjaga, mengawasi, dan mencatat amal manusia untuk dipertanggungjawabkan di akhirat nanti.

Malaikat merupakan makhluk gaib, yang artinya segala sesuatu yang diyakini adanya, tidak terlihat oleh mata, dan tidak dapat ditangkap oleh panca indra, ia tercipta dari cahaya, selalu patuh, dan taat atas perintah Allah SWT.

Dari banyaknya jumlah malaikat yang Allah ciptakan, ada 10 (sepuluh) malaikat yang harus kita imani. Berikut ini nama-nama malaikat dan tugas-nya masing-masing.

1. Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu.
2. Malaikat Mikail tugasnya memberi rezeki.
3. Malaikat Izrail tugasnya mencabut ruh (nyawa).
4. Malaikat Israfil tugasnya meniup sangkakala.
5. Malaikat Atid tugasnya mencatat amal kejahatan manusia.
6. Malaikat Raqib tugasnya mencatat amal kebaikan.
7. Malaikat Munkar
8. Malaikat Nakir, keduanya bertugas menanyakan manusia di dalam kubur.
9. Malaikat Malik tugasnya menjaga neraka.
10. Malaikat Ridwan tugasnya menjaga surga. 

Fungsi iman kepada malaikat dalam kaitannya dengan setiap perbuatan manusia yang selalu dicatat dan diawasi akan mendorong manusia dalam perbuatannya sehari-hari untuk selalu disiplin dalam hidupnya, lebih bergairah untuk beramal kebajikan serta menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan tercela. Iman pada malaikat juga dapat pula menimbulkan dorongan untuk senantiasa mengambil pelajaran dari kehidupan malaikat yang gaib yakni dengan mengikuti ketaatannya dengan jalan melakukan perbuatan sesuai dengan perintah Allah SWT dengan sebaik-baiknya dan penuh keikhlasan.

0 Response to "Iman Kepada Malaikat Allah"

Post a Comment